Sabtu, 09 Mei 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kapongan Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelas/Semester : X / 2 Pertemuan ke : 1 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Aspek : Al-Qur’an A. Standar Kompetensi 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi B. Kompetensi Dasar 7.1 Membaca Qs. Al-Imran : 159 dan Qs. Asy-Syura : 38 C. Indikator NO INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI NILAI KARAKTER 1. Mampu membaca Qs. Ali-Imran : 159 dan As-Syura 38 dengan baik dan benar. Religius, gemar membaca 2. Mampu mengidentifikasikan Qs. Ali-Imran : 159 dan Asy-Syura: 38 dengan baik dan benar. Kerja keras D. Tujuan Pembelajaran • Siswa diharapkan mampu untuk membaca Qs. Ali-Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar. • Siswa diharapkan mampu untuk mengidentifikai tajwid Qs. Ali-Imran : 159 dan As-Syura : 38 E. Materi Ajar (Materi Pokok). • QS. Ali-Imran : 159                               •     Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS. Ali-Imran : 159 ) [246] Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya. • Qs. Asy-Syura : 38             Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. (Qs. Asy-Syura : 38 ) F. Metode • Ceramah • Tanya Jawab • Metode drill dan • Praktek G. Langkah-langkah Pembelajaran NO KEGIATAN PEMBELAJARAN NILAI KARAKTER KETERLAKSANAAN WAKTU Kegiatan Awal (Eksplorasi) • Guru. Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucakan basmalah dan kemudian berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran • Guru mengadakan Apersepsi dan prefest Religius Rasa Ingin tahu Terlaksana / Tidak Terlaksana / Tidak 10 menit 2. Kegiatan Inti (Elaborasi) • Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya : “ apakah kalian memahami surat tersebut diatas? “ Gemar membaca Terlaksana / Tidak 70 menit • Guru menujuk siswa yang fasih membaca Qs.Ali-Imran : 159 dan As-Syura : 38, untuk memimpin teman-temannya bersama-sama dibawah bimbingan guru. • Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Qs. Ali-Imran : 159 dan As-Syura ; 38 Religius Gemar membaca dan mandiri Terlaksana / Tidak Terlaksana / Tidak 3. Penutup • Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Qs. Ali-Imran : 159 dan As-Syura : 38 sebagai penutup materi pembelajaran Inisiatif Terlaksana / Tidak 10 menit H. Alat dan Sumber Belajar 1. Al-Qur’an da terjemahan Departemen Agama RI 2. Buku Pelajaran PAI SMA kelas X I. Penilaian 1. Jenis Tes : Tertulis 2. Bentuk Tes : Pilihan Ganda 3. Instrumen Penilaian.  Soal NO SOAL SKOR 1. Surah Ali-Imran : 3, ayat 159 membahas tentang ….. a. Anjuran mendirikan sholat. b. Pentingnya bersedekah. c. Perintah bermusyawarah d. Anjuran untuk saling memberi. e. Perintah membantu orang lemah. 20 2. Suatu ayat harus dibaca ikhfa’ haqiqi jika ….. a. Mim mati bertemu dengan fa’ b. Huruf mim sebelum tanwin atau nun mati c. Tanwin atau nun mati bertemu dengan salah satu huruf yang 15 d. Mim mati bertemu dengan huruf selain nun dan ba’ e. Tanwin berada pada akhir kalimat 20 3. Nabi Muhammad kepada kaumnya seperti dijelaskan dalam surah Ali-Imran (3) ayat 159 bersikap …… a. Takabur b. Kasar dalam ucapan c. Menjauh d. Keras hati e. Lemah lembut 20 4. Jika kita telah bersepakat terhadap hasil keputusan musyawarah, dianjurkan musyawarah, dianjurkan untuk ....... a. Beristighfar b. Berjalan ditempat c. Bertawakkal kepada Allah SWT. d. Bersikap pengecut e. Berlainan pedapat 20 5. Potongan kata   artinya........ a. Bersikap keras b. Berhati kasar c. Menjauhkan diri d. Berkata jorok e. Maafkanlah mereka 20  Jawaban 1. C Perintah bermusyawarah. 2. C Tanwin atau nun mati bertemu dengan salah satu huruf yang 15. 3. E Lemah lembut. 4. C Bertawakkal kepada Allah SWT. 5. E Maafkanlah mereka. Lembar Chek List Aspek Penilaian Karakter Nama Siswa : Kelas/ Semester : X / 2 No Sikap yang di evaluasi Skala Nilai 1 2 3 4 01 Religius Religius Pemahaman terhadap nilai nilai 02 Gemar Membaca Gemar Membaca Kemampuan membaca sumber/ kajian literatur 03 Kerja Keras Kerja Keras Kemampuan menggunakan jiwa dan raga untuk menyelesaikan tugas Keterangan : 1. Sangat Kurang 2. Kurang 3. Baik 4. Sangat baik Predikat : Kapongan, 15 januari 2013 Guru Praktikan Desi Andayani Samsul Hadi, S, Ag. M.M RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kapongan Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelas/Semester : X / 2 Pertemuan ke : 2 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Aspek : Al-Qur’an A. Standar Kompetensi 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi. B. Kompetensi Dasar 7.2 Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38 C. Indikator No Indikator Pencapaian Kompetensi Nilai Karakter 1 Mampu Menyebutkan Arti Qs. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 Religius, Disiplin dan tanggung jawab 2 Mampu menyimpulkan isi kandungan QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 Kerja keras D. Tujuan Pembelajaran • Siswa Di harapkan mampu untuk menyebutkan arti QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 • Siswa di harapkan mampu untuk menyimpulkan isi kandungan QS. Ali Imran : 159 dan QS. Asy Syura : 38 E. Materi Ajar (Materi Pokok). • QS. Ali-Imran : 159                               •     Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS. Ali-Imran : 159 ) [246] Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya. • Qs. Asy-Syura : 38             Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. (Qs. Asy-Syura : 38 ) F. Metode • Ceramah • Tanya Jawab • Active learning • Praktek G. Langkah langkah Pembelajaran No Kegiatan Pembelajaran Nilai Karakter Keterlaksanaan Waktu 01 Pendahuluan • Guru mengadakan Oppersepsi Pretest • Guru Memberi Motivasi Agar siswa semangat dalam belajar • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah langkah pembelajaran Rasa ingin Tahu Komunikatif Rasa Ingin Tahu Terlaksana/ Tidak Terlaksana/ Tidak Terlaksana/ Tidak 10 Menit 02 Kegiatan Inti • Setiap Siswa membentuk disko ( Diskusi Kelompok ) Sesuai dengan kategori masing masing menyebutkan arti perkata QS. Ali Imran : 159 dan QS. Asy Syura : 38 • Masing masing disko berdiskusi untuk mendapatkan jawaban yang disepakati dari perayat surat AliImran : 159, dan QS. Asy Syura :38 • Masing Masing disko mempresentasaikan hasil jawaban kepada disko lain terjemah QS. Alo Imran : 159 dan Asy Syura : 38 Leadership, Inisiatif Gemar membaca, Religius Kerja Keras Terlaksana/ Tidak Terlaksana/ Tidak Terlaksana/ Tidak 70 Menit 03 Penutup • Siswa Menyimpulkan hasil diskusi kelompok ( Disko ) • Siswa Mengerjakan latihan soal di lemberan kerja siswa ( LKS ) Inisiatif/ Mandiri Terlaksana/ Tidak 10 Menit H. Alat Dan Sumber Pembelajaran • Alat : Al Qur’an • Sumber : Buku Pelajaran PAI SMA Kelas X I .Penilaian 1. Jenis Tes : Tertulis 2. Bentuk tes : Uraian/ Subjektif Tes 3. Instrumen Penilaian :  Soal No Soal Skor 01 Bacalah Penggalan ayat yang terkandung arti arti dan bermusyarahlah dengan mareka dalam urusan itu ? 10 02   Penggalan Ayat tersebut adalah ? 10 03 Hukum Bacaan “ Mim Mati bertemu dengan lam “ adalah ? 10  Jawaban 1.   2. Lalu Di Kumpulkan ahli ahli sihir 3. Idgham bila gunnah II. tes Perbuatan No Nama Siswa Kemampuan membaca 1 2 3 4 5 01 02 03 04 05 Keterangan: Skor Ter Perbuatan 1. Membaca Lancar dan baik = 80 – 90 = A 2. Membaca lancar Kurang baik = 70 – 79 = B 3. Membaca Terbata Bata = 60 – 69 = C 4. Membaca terbata bata dengan bantuan guru = 50 – 59 = D 5. Tidak Dapat Membaca = Kurang dari 50 = E III. Tes Sikap No Pernyataan SS S TS STS 1 Kepentingan golongan adalah di atas kepentingan pribadi 2 Falsafat demorasi adalah dari kita untuk kita dan kembali kekita 3 Sebelum dunia mengenal demokrasi islamlah pertama kali mengajarkan demokrasi Keterangan: Skor Tes Sikap SS : Sangat Setuju = 50 S : Setuju = 40 TS : Tidak Setuju = 10 STS : Sangat Tidak Setuju = 0 Lembar Chek List Aspek Penilaian Karakter Nama : Kelas/ Semester : X/ 2 No Sikap yang di evaluasi Skala Nilai 1 2 3 4 1 Religius Religius Terhadap Nilai Nilai Keagamaan 2 Gemar Membaca Gemar Membaca mampu membaca sumber/ kajian literatur 3 Komunikatif Komunikatif Berkerja sama dengan orang lain dalam proses pembelajaran 4 Kerja Keras Kerja Keras kemampuan menggunakan jiwa dan raga untuk menyamaikan tugas Keterangan : 1. Sangat setuju 2. Kurang 3. Baik 4. Sangat baik Predikat: Kapongan , 22 Januari 2013 Guru Guru Pamong Desi Andayani Samsul Hadi, S,Ag, MM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kapongan Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelas/Semester : X / 2 Pertemuan ke : 3 Alokasi Waktu : 2 x 45 menit Aspek : Al-Qur’an A. Standar Kompetensi 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi. B. Kompetensi Dasar 7.3 Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari C. Indikator No Indikator Pencapaian Kompetensi Nilai Karakter 1 Mampu menujukkan perilaku yang demokrasi seperti yang terkandung QS. Ali Imran : 159 Menghargai keberagaman 2 Mampu menunjukkan perilaku yang demokrasi seperti yang terkandung dalam QS. Asy Syura : 38 Sadar akan hak dan kewajiban D. Tujuan Pembelajaran • Siswa diharapkan mampu untuk menunjukkan perilaku yang demokrasi seperti yang terkandung dalam QS. Ali Imran : 159 • Siswa diharapkan mampu untuk menunjukkan perilaku yang demokrasi seperti yang terkandung dalam QS. Asy Syura : 38 E. Materi Ajar (Materi Pokok). • QS. Ali-Imran : 159                               •     Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS. Ali-Imran : 159 ) [246] Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya. • Qs. Asy-Syura : 38             Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. (Qs. Asy-Syura : 38 ) F. Metode • Ceramah • Tanya jawab • CTL ( Contextual Teachunganf learning ) • Praktek G. langkah langkah No Kegiatan Pembelajaran Nilai Karakter Keterlaksanaan Waktu 1 Pendahuluan • Guru Mengadakan Apperpsi dan pretest • Guru memberi motivasi agar siswa semangat dalam belajar • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah langkah pembelajaran Rasi Ingin tahu Komunikatif Rasa Ingin Tahu Terlaksana/ Tidak Terlaksana/ Tidak Terlaksana/ Tidak 10 Menit 2 Kegiatan Inti • Guru menunjukkan seorang siswa yang sudah fasih membaca QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 • Setelah selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS. Ali Imran : 159 dan Asy Asyura : 38 • Guru Meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 Inisiatif Gemar membaca Kerja Keras Telaksana/Tidak Telaksana/Tidak Telaksana/Tidak 70 menit 3 Penutup • Guru meminta agar siswa sekali lagi membaca QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 sebagai penutup pembelajaran • Guru meminta agar siswa rajin arti dan hikmah isi kandungan QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 • Guru menutup/ mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/ do’a • Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas Inistitif Mandiri Religius Santun Telaksana/Tidak Telaksana/Tidak Telaksana/Tidak Telaksana/Tidak 10 Menit H. Alat dan Sumber Pembelajaran • Alat : Al Qur’an • Sumber : Buku Pelajaran PAI SMA Kelas X I . Penilaian • Jenis Tes : tertulis • Bentuk Tes : Uraian/ Subyektif tes • Intrumen Penilaian Kapongan, 29 Januari 2013 Guru Guru Pamong Desi Andayani Samsul Hadi, S, Ag, MM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar