Sabtu, 09 Mei 2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kapongan
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
B. Kompetensi Dasar
7.1 Membaca Qs. Al-Imran : 159 dan Qs. Asy-Syura : 38
C. Indikator
NO INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI NILAI KARAKTER
1. Mampu membaca Qs. Ali-Imran : 159 dan As-Syura 38 dengan baik dan benar. Religius, gemar membaca
2. Mampu mengidentifikasikan Qs. Ali-Imran : 159 dan Asy-Syura: 38 dengan baik dan benar. Kerja keras
D. Tujuan Pembelajaran
• Siswa diharapkan mampu untuk membaca Qs. Ali-Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
• Siswa diharapkan mampu untuk mengidentifikai tajwid Qs. Ali-Imran : 159 dan As-Syura : 38
E. Materi Ajar (Materi Pokok).
• QS. Ali-Imran : 159
•
Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS. Ali-Imran : 159 )
[246] Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya.
• Qs. Asy-Syura : 38
Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. (Qs. Asy-Syura : 38 )
F. Metode
• Ceramah
• Tanya Jawab
• Metode drill dan
• Praktek
G. Langkah-langkah Pembelajaran
NO KEGIATAN PEMBELAJARAN NILAI KARAKTER KETERLAKSANAAN WAKTU
Kegiatan Awal (Eksplorasi)
• Guru. Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucakan basmalah dan kemudian berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran
• Guru mengadakan Apersepsi dan prefest
Religius
Rasa Ingin tahu
Terlaksana / Tidak
Terlaksana / Tidak
10 menit
2. Kegiatan Inti (Elaborasi)
• Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya :
“ apakah kalian memahami surat tersebut diatas? “
Gemar membaca
Terlaksana / Tidak
70 menit
• Guru menujuk siswa yang fasih membaca Qs.Ali-Imran : 159 dan As-Syura : 38, untuk memimpin teman-temannya bersama-sama dibawah bimbingan guru.
• Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca Qs. Ali-Imran : 159 dan As-Syura ; 38 Religius
Gemar membaca dan mandiri Terlaksana / Tidak
Terlaksana / Tidak
3. Penutup
• Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca Qs. Ali-Imran : 159 dan As-Syura : 38 sebagai penutup materi pembelajaran
Inisiatif
Terlaksana / Tidak
10 menit
H. Alat dan Sumber Belajar
1. Al-Qur’an da terjemahan Departemen Agama RI
2. Buku Pelajaran PAI SMA kelas X
I. Penilaian
1. Jenis Tes : Tertulis
2. Bentuk Tes : Pilihan Ganda
3. Instrumen Penilaian.
Soal
NO SOAL SKOR
1.
Surah Ali-Imran : 3, ayat 159 membahas tentang …..
a. Anjuran mendirikan sholat.
b. Pentingnya bersedekah.
c. Perintah bermusyawarah
d. Anjuran untuk saling memberi.
e. Perintah membantu orang lemah.
20
2.
Suatu ayat harus dibaca ikhfa’ haqiqi jika …..
a. Mim mati bertemu dengan fa’
b. Huruf mim sebelum tanwin atau nun mati
c. Tanwin atau nun mati bertemu dengan salah satu huruf yang 15
d. Mim mati bertemu dengan huruf selain nun dan ba’
e. Tanwin berada pada akhir kalimat
20
3.
Nabi Muhammad kepada kaumnya seperti dijelaskan dalam surah Ali-Imran (3) ayat 159 bersikap ……
a. Takabur
b. Kasar dalam ucapan
c. Menjauh
d. Keras hati
e. Lemah lembut
20
4.
Jika kita telah bersepakat terhadap hasil keputusan musyawarah, dianjurkan musyawarah, dianjurkan untuk .......
a. Beristighfar
b. Berjalan ditempat
c. Bertawakkal kepada Allah SWT.
d. Bersikap pengecut
e. Berlainan pedapat 20
5.
Potongan kata artinya........
a. Bersikap keras
b. Berhati kasar
c. Menjauhkan diri
d. Berkata jorok
e. Maafkanlah mereka
20
Jawaban
1. C Perintah bermusyawarah.
2. C Tanwin atau nun mati bertemu dengan salah satu huruf yang 15.
3. E Lemah lembut.
4. C Bertawakkal kepada Allah SWT.
5. E Maafkanlah mereka.
Lembar Chek List
Aspek Penilaian Karakter
Nama Siswa :
Kelas/ Semester : X / 2
No Sikap yang di evaluasi Skala Nilai
1 2 3 4
01 Religius
Religius Pemahaman terhadap nilai nilai
02 Gemar Membaca
Gemar Membaca Kemampuan membaca sumber/ kajian literatur
03 Kerja Keras
Kerja Keras Kemampuan menggunakan jiwa dan raga untuk menyelesaikan tugas
Keterangan :
1. Sangat Kurang
2. Kurang
3. Baik
4. Sangat baik
Predikat :
Kapongan, 15 januari 2013
Guru Praktikan
Desi Andayani Samsul Hadi, S, Ag. M.M
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kapongan
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi.
B. Kompetensi Dasar
7.2 Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
C. Indikator
No Indikator Pencapaian Kompetensi Nilai Karakter
1 Mampu Menyebutkan Arti Qs. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 Religius, Disiplin dan tanggung jawab
2 Mampu menyimpulkan isi kandungan QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 Kerja keras
D. Tujuan Pembelajaran
• Siswa Di harapkan mampu untuk menyebutkan arti QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38
• Siswa di harapkan mampu untuk menyimpulkan isi kandungan QS. Ali Imran : 159 dan QS. Asy Syura : 38
E. Materi Ajar (Materi Pokok).
• QS. Ali-Imran : 159
•
Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS. Ali-Imran : 159 )
[246] Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya.
• Qs. Asy-Syura : 38
Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. (Qs. Asy-Syura : 38 )
F. Metode
• Ceramah
• Tanya Jawab
• Active learning
• Praktek
G. Langkah langkah Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Nilai Karakter Keterlaksanaan Waktu
01 Pendahuluan
• Guru mengadakan Oppersepsi Pretest
• Guru Memberi Motivasi Agar siswa semangat dalam belajar
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah langkah pembelajaran
Rasa ingin Tahu
Komunikatif
Rasa Ingin Tahu
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
10 Menit
02 Kegiatan Inti
• Setiap Siswa membentuk disko ( Diskusi Kelompok ) Sesuai dengan kategori masing masing menyebutkan arti perkata QS. Ali Imran : 159 dan QS. Asy Syura : 38
• Masing masing disko berdiskusi untuk mendapatkan jawaban yang disepakati dari perayat surat AliImran : 159, dan QS. Asy Syura :38
• Masing Masing disko mempresentasaikan hasil jawaban kepada disko lain terjemah QS. Alo Imran : 159 dan Asy Syura : 38
Leadership,
Inisiatif
Gemar membaca, Religius
Kerja Keras
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
70 Menit
03 Penutup
• Siswa Menyimpulkan hasil diskusi kelompok ( Disko )
• Siswa Mengerjakan latihan soal di lemberan kerja siswa ( LKS )
Inisiatif/ Mandiri
Terlaksana/ Tidak
10 Menit
H. Alat Dan Sumber Pembelajaran
• Alat : Al Qur’an
• Sumber : Buku Pelajaran PAI SMA Kelas X
I .Penilaian
1. Jenis Tes : Tertulis
2. Bentuk tes : Uraian/ Subjektif Tes
3. Instrumen Penilaian :
Soal
No Soal Skor
01 Bacalah Penggalan ayat yang terkandung arti arti dan bermusyarahlah dengan mareka dalam urusan itu ? 10
02 Penggalan Ayat tersebut adalah ? 10
03 Hukum Bacaan “ Mim Mati bertemu dengan lam “ adalah ? 10
Jawaban
1.
2. Lalu Di Kumpulkan ahli ahli sihir
3. Idgham bila gunnah
II. tes Perbuatan
No Nama Siswa Kemampuan membaca
1 2 3 4 5
01
02
03
04
05
Keterangan: Skor Ter Perbuatan
1. Membaca Lancar dan baik = 80 – 90 = A
2. Membaca lancar Kurang baik = 70 – 79 = B
3. Membaca Terbata Bata = 60 – 69 = C
4. Membaca terbata bata dengan bantuan guru = 50 – 59 = D
5. Tidak Dapat Membaca = Kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No Pernyataan SS S TS STS
1 Kepentingan golongan adalah di atas kepentingan pribadi
2 Falsafat demorasi adalah dari kita untuk kita dan kembali kekita
3 Sebelum dunia mengenal demokrasi islamlah pertama kali mengajarkan demokrasi
Keterangan: Skor Tes Sikap
SS : Sangat Setuju = 50
S : Setuju = 40
TS : Tidak Setuju = 10
STS : Sangat Tidak Setuju = 0
Lembar Chek List
Aspek Penilaian Karakter
Nama :
Kelas/ Semester : X/ 2
No Sikap yang di evaluasi Skala Nilai
1 2 3 4
1 Religius
Religius Terhadap Nilai Nilai Keagamaan
2 Gemar Membaca
Gemar Membaca mampu membaca sumber/ kajian literatur
3 Komunikatif
Komunikatif Berkerja sama dengan orang lain dalam proses pembelajaran
4 Kerja Keras
Kerja Keras kemampuan menggunakan jiwa dan raga untuk menyamaikan tugas
Keterangan :
1. Sangat setuju
2. Kurang
3. Baik
4. Sangat baik
Predikat:
Kapongan , 22 Januari 2013
Guru Guru Pamong
Desi Andayani Samsul Hadi, S,Ag, MM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kapongan
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi.
B. Kompetensi Dasar
7.3 Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator
No Indikator Pencapaian Kompetensi Nilai Karakter
1 Mampu menujukkan perilaku yang demokrasi seperti yang terkandung QS. Ali Imran : 159 Menghargai keberagaman
2 Mampu menunjukkan perilaku yang demokrasi seperti yang terkandung dalam QS. Asy Syura : 38 Sadar akan hak dan kewajiban
D. Tujuan Pembelajaran
• Siswa diharapkan mampu untuk menunjukkan perilaku yang demokrasi seperti yang terkandung dalam QS. Ali Imran : 159
• Siswa diharapkan mampu untuk menunjukkan perilaku yang demokrasi seperti yang terkandung dalam QS. Asy Syura : 38
E. Materi Ajar (Materi Pokok).
• QS. Ali-Imran : 159
•
Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS. Ali-Imran : 159 )
[246] Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya.
• Qs. Asy-Syura : 38
Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. (Qs. Asy-Syura : 38 )
F. Metode
• Ceramah
• Tanya jawab
• CTL ( Contextual Teachunganf learning )
• Praktek
G. langkah langkah
No Kegiatan Pembelajaran Nilai Karakter Keterlaksanaan Waktu
1 Pendahuluan
• Guru Mengadakan Apperpsi dan pretest
• Guru memberi motivasi agar siswa semangat dalam belajar
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah langkah pembelajaran
Rasi Ingin tahu
Komunikatif
Rasa Ingin Tahu
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
Terlaksana/ Tidak
10 Menit
2 Kegiatan Inti
• Guru menunjukkan seorang siswa yang sudah fasih membaca QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38
• Setelah selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS. Ali Imran : 159 dan Asy Asyura : 38
• Guru Meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38
Inisiatif
Gemar membaca
Kerja Keras
Telaksana/Tidak
Telaksana/Tidak
Telaksana/Tidak
70 menit
3 Penutup
• Guru meminta agar siswa sekali lagi membaca QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38 sebagai penutup pembelajaran
• Guru meminta agar siswa rajin arti dan hikmah isi kandungan QS. Ali Imran : 159 dan Asy Syura : 38
• Guru menutup/ mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/ do’a
• Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas
Inistitif
Mandiri
Religius
Santun
Telaksana/Tidak
Telaksana/Tidak
Telaksana/Tidak
Telaksana/Tidak 10 Menit
H. Alat dan Sumber Pembelajaran
• Alat : Al Qur’an
• Sumber : Buku Pelajaran PAI SMA Kelas X
I . Penilaian
• Jenis Tes : tertulis
• Bentuk Tes : Uraian/ Subyektif tes
• Intrumen Penilaian
Kapongan, 29 Januari 2013
Guru Guru Pamong
Desi Andayani Samsul Hadi, S, Ag, MM
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar